Cek fisik kendaraan

 

BIRO JASA STNK

CV. KEMIT JAYA

Jl. Delman Utama No. 53 Kebayoran Lama Utara

Jakarta  Selatan 12240 Indonesia

Telp. 021 7238374

Whatsapp: 081385096456

E-mai: kemit.jaya@gmail.com

Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor

 

 

CEK FISIK KENDRAAN BERMOTOR

 

Cek fisik kendaraan bermotor adalah pengecekan fisik kendaraan bermotor yang dilakukan oleh kepolisian pada fisik kendaraan bermotor untuk memastikan tidak ada perubahan fisik kendaraan bermotor  tanpa sepengetahuan atau seijin kepolisian. Cek fisik dapat dilakukan dilakukan pada samsat dimana terregister stnk kendaraan brmotor. Semua urusan surat-surat kendaraan bermotor wajib di cek fisik kecuali perpanjangan stnk tahunan.Bagian fisik yang di cek adalah nomor mesin dan nomor rangka, bentuk kendaraan, warna kendaraan dan kepemilikan kendaraan.

CEK FISIK BANTUAN

Apakah yang dimaksud dengan cek fisik bantuan kendaraan bermotor itu ? Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor adalah dimana anda tidak perlu membawa kendaraan anda ke Samsat sesuairegister STNK kendaraan bermotor. Langkah ini sangat memudahkan anda bagi yang memiliki kendaraan berbeda plat nomor. Misalnya Anda tinggal di Kota Surabaya, sedangkan anda memiliki kendaraan dengan Plat nomor luar Surabaya seperti Jakarta atau plat B misalnya. Dengan catatan anda memiliki atau memegang kartu identitas asli plat nomor kendaraan tersebut.

Enaknya, anda tidak perlu jauh-jauh bawa kendaraan ke samsat sesuai register STNK kendaraan, cukup cek fisik di samsat kita berdomisili. Bagi perusahaan atau badan usaha yang memiliki kendaraan bermotor dimana-mana ataupun pemilik perorangan seperti  mahasiswa dan bagi para perantau, cek fisik bantuan merupakan langkah yang bisa memudahkan pengurusan surat kendaraan bermotor.

Lakukan persiapan cek fisik dengan memfoto kopi dokumen yang diperlukan seperti BPKB, STNK dan KTP anda. Jika tidak ingin ribet, silakan foto kopi di dalam area samsat yang lebih paham berapa jumlah copy yang harus dipenuhi. Ingat BPKB asli, STNK asli dan KTP asli juga harus dibawa.

Langkah Melakukan Cek Fisik Bantuan di Samsat

  1. Silakan bawa kendaraan bermotor (mobil dan motor) ke samsat tempat anda domisili. Saya beri contoh kasus Samsat Surabaya Manyar.
  2. Menuju Loket Cek Fisik untuk mendapatkan formulir cek fisik, biasanya beserta mapnya sekalian.
  3. Berikan pada petugas cek fisik dan ikuti prosedur cek fisik oleh petugas lapangan, jangan lupa komunikasikan jika cek fisik tersebut adalah cek fisik bantuan.
  4. Jika cek fisik sudah selesai, tinggal tunggu pengesahan dari petugas yang berkompeten (masih di samsat tersebut) di loket yang tersedia.
  5. Jika Map berupa dokumen kita sudah diserahkan ke kita, kita sudah bisa pulang.
  6. Sampai disini anda sudah selesai melakukan cek fisik bantuan.

Langkah Cek Fisik selanjutnya adalah menuju samsat sesuai dengan KTP di STNK kendaraan bermotor kita. Kita tidak perlu membawa kendaraan tersebut ke Samsat tujuan dan tidak perlu di cek fisik lagi karena sudah dicek fisik melalui cek fisik bantuan. Teknis paling mudah bisa mengirimkan Dokumen cek fisik (bantuan) ke alamat KTP (biasanya ada hubungan keluarga, sahabat dan lain sebagainya). Kirim dokumen bisa melalui jasa pos atau jasa ekspedisi lainnya biar diurus oleh orang sesuai KTP di STNK.

Atau bisa juga dengan naik kendaraan umum menuju samsat sesuai KTP Kendaraan jika ingin nyaman dan menikmati perjalanan.

Langkah berikutnya adalah menuju samsat sesuai register  kendaraan. Langsung saja serahkan berkas cek fisik ke loket cek fisik. Ikuti proses dan prosedurnya untuk mendapatkan cetakan pajak baru, stnk baru dan BPKB (baru). Demikian info Cek Fisik Lebih Mudah Dengan Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor yang mungkin bisa anda aplikasikan.

Aapabila pemilik kendaraan bermotor tidak sempat melakukanya dan meminta bantuan biro jasa CV. KEMIT JAYA

CEK FISIK SENDIRI KENDARAAN BERMOTOR

Cek fisik sendiri kendaraan bermotor adalah paling praktis.  Caranya terlebih dahulu anda membeli kertascek fisik kendaraannbermotor di Biro Jasa STNK CV. KEMIT JAYA. Setelah anda memiliki kertas cek fisik anda telah dapat memulai cek fisik sendiri. Contohnya anda mau cek fisik sepeda motor yamaha Mio, buka jog tempat duduk  lihat bagian bawah tempat duduk paling ujung ada terpatri nomor rangka , tempelkan kertas cek fisik bagian panel nomor rangka sehingga nomor rangka tertutup oleh kertas cek fisik. Setelah tertempel kertas cek fisik pada bagian panel nomor rangka , lalu ambil pensil dan goreskan berulang-ulang sehingga bagian kertas terlihat cetakan nomor dan huruf nomor rangka . Setelah selesai gesek nomor rangka selanjutnya diteruskan kenomor mesian , lihat sebelah kanan pada blok mesin akan terlihat nomor mesin, caranya sama tempelkan kertas cek fisik bagian panel nomor mesin sehingga nomor mesin tertutup oleh kertas cek fisik lalu gesekan lagi ujung pensil bagian atas nomor mesin berulang-ulang sehingga kelihatan nomor dan huruf nomor mesin dengan jelas. Lalu dicabut kertas yang telah terlihat nomor mesin satukan dengan kertas nomor rangka. Selanjutnya dibawa ke Polda sekaligus melampirkan stnk ditunjukkan kepada petugas cek fisik. Apabila cek fisik anda di faraf maka anda dapat melanjutkan proses pengurusan stnk selanjutnta.

SOURCE

CEK FISIK KENDARAAN BERMOTOR, STNK, BPKB, MOBIL, MOTOR, SAMSAT